rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Thursday, January 7, 2010

TUGAS UAS

JUDUL : MENEMUKAN TEOREMA PYTHAGORAS

Bab : 1. Pembuktian Teorema Pythagoras
2. Mencari Hipotenusa Segitiga dengan Teorema Pythagoras

Multimedia ditujukan untuk siswa SMP kelas VIII

Latar Belakang
Teorema Pythagoras bisa disebut sebagai teorema yang terkenal diantara teorema-teorema yang lainnya dalam matematika. Sudah sejak SMP Teorema Pythagoras dipelajari, namanya sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga, dilihat oleh mata dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahun 572 Sebelum Masehi, Pythagoras berkata bahwa jumlah kuadrat kedua sisi siku-siku pada segitiga siku-siku sama dengan panjang kuadrat sisi miringnya. Konon 1000 tahun sebelum Pythagoras lahir, bangsa Babylonia telah menyadari hubungan antara sisi siku-siku dengan sisi miringnya pada segitiga siku-siku, tapi Pythagoraslah yang pertamakali menyatakan hubungan tersebut dalam persamaan matematika.
Siswa mungkin hafal terhadap rumusnya dan akan bekerja sesuai dengan rumus yang telah mereka ketahui. Namun, pada kebanyakan siswa di sekolah dalam masyarakat kerap kali mereka sering lupa dan tidak memahami konsep Teorema Pythagoras itu sendiri, hal itu disebabkan karena mereka tidak mengetahui bagaimana Teorema Pythagoras itu lahir dan ditemukan. Terkadang walaupun siswa sudah diberitahu bagaimana Teorema Pythagoras dibuktikan, tetapi siswa masih saja sering lupa karena ketidakpahamannya tersebut.
Oleh karena itu, saya ingin mencoba membuat suatu aplikasi agar siswa dapat cepat menyerap dan memahami konsep teorema Pythagoras dan dapat diaplikasikan sampai kapanpun, tentunya multimedia adalah salahsatu cara yang cocok untuk memvisualisasikan cara berpikir siswa yang masih konkret. Multimedia ini sangat cocok diberikan kepada siswa SMP kelas VIII pada saat materi Teorema Phytagoras, karena ini merupakan awal siswa dikenalkan oleh teorema ini sehingga kelak dalam materi lain yang menggunakan perhitungan Teorema Pythagoras, siswa akan dengan mudah memecahkan persoalannya. Berdasarkan tujuan yang telah diuraikan diatas, maka dari itu saya akan membuat suatu multimedia matematika dengan judul “Menemukan Teorema Pythagoras”.


Tujuan
Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan pembuatan multimedia matematika ini yaitu ;
1. Memvisualisasikan Pembuktian Teorema Pythagoras
2. Membantu siswa memahami konsep Teorema Pythagoras
3. Membantu siswa memecahkan soal yang menggunakan Teorema Pythagoras

0 comments: